Sujiwo Sumbangkan Seluruh Gajinya untuk Bantu Tanggulangi Covid-19

Sujiwo Sumbangkan Seluruh Gajinya untuk Bantu Tanggulangi Covid-19

Redaksi
09 Mei 2020
Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo bersama dengan Bank Kalbar Cabang Kubu Raya menyerahkan bantuan paket sembako untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19, Jumat (8/5/2020), di Markas Batalyon Komando 645 Paskhas/Brajamusti Lanud Supadio. 

AKCAYA.ID, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo bersama dengan Bank Kalbar Cabang Kubu Raya menyerahkan bantuan paket sembako untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19, Jumat (8/5/2020), di Markas Batalyon Komando 645 Paskhas/Brajamusti Lanud Supadio. Bantuan paket sembako yang diserahkan Sujiwo bersumber dari gaji dan pendapatannya selama menjabat sebagai Wakil Bupati Kubu Raya, sementara sumbangan dari Bank Kalbar Cabang Kubu Raya berasal dari program sosial Bank Kalbar.

“Atas izin keluarga, saya menarik gaji dan pendapatan-pendapatan yang masuk di rekening yang sebenarnya menjadi hak dari keluarga kami. Nilainya sebesar Rp 280 juta. Dana itu digabungkan dengan bantuan Bank Kalbar senilai Rp 25 juta yang kita peruntukkan untuk bantuan beras bagi masyarakat di desa-desa di Kubu Raya,” ujar Sujiwo kepada awak media.

Semua donasi tersebut dikatakan Sujiwo telah Ia belikan beras untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ia berharap, sumbangan dari gaji dan pendapatannya sejak mulai menjabat sebagai Wakil Bupati pada pertengahan Februari 2019 itu dapat meringankan beban masyarakat yang benar-benar terpukul akibat Covid-19.

"Apa yang saya dan keluarga sumbangkan adalah rezeki fakir miskin yang dititipkan Allah melaui saya dan keluarga. Mudah-mudahan bantuan yang tidak seberapa ini dapat menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan," harapnya.

Aksi sosial yang dilakukan Sujiwo mendapat dukungan penuh dari pihak keluarga. Istrinya, Atzebi Yatu Lensi, mengaku sama sekali tidak keberatan dengan keputusan sang suami.

Atzebi mengungkapkan, sejak awal mengemban jabatan sebagai Wakil Bupati Kubu Raya, suaminya memang tidak pernah mengambil sepeserpun gajinya. Awalnya, semua gaji yang masuk ke rekening Bank Kalbar tersebut diniatkan untuk ditabung. Namun, karena pandemi korona, niatan itupun dibatalkan karena keluarganya merasa ada yang jauh lebih penting dibandingkan menabung.

"Awalnya uang gaji tersebut diniatkan untuk ditabung. Tapi, setelah kami menimbang, ternyata ada yang lebih urgen ketimbang kepentingan keluarga kami untuk menabung. Jadi uang itu kami belikan beras untuk membantu masyarakat kita yang sekarang tengah merasakan dampak ekonomi karena korona," ucap Atzebi.

Donasi yang disumbangkan Sujiwo dari gaji dan pendapatannya sebagai Wabup Kubu Raya dibenarkan oleh Pimpinan Bank Kalbar Cabang Kubu Raya Suhaimi. Pasalnya, kata Suhaimi, pihaknya-lah yang langsung mentransfer dana tersebut ke rekening agen beras. Karena aksi mulia Sujiwo pulalah, Bank Kalbar Cabang Kubu Raya ikut mendonasikan paket sembako senilai Rp 25 juta.

"Semua dana yang di rekening beliau (Sujiwo) disumbangkan. Kami mencoba memberikan kontribusi juga agar bisa juga sedikit membantu masyarakat," katanya.

Suhaimi menambahkan bahwa Bank Kalbar cabang lainnya juga melakukan gerakan yang persis seperti Bank Kalbar Cabang Kubu Raya. Ke depan, lanjut Suhaimi, tidak menutup kemungkinan Bank Kalbar akan kembali mendonasikan bantuan, baik berbentuk sembako maupun dalam bentuk lain.(Njb)