Lasarus: Mari Memuliakan Veteran dan Purnawirawan

Lasarus: Mari Memuliakan Veteran dan Purnawirawan

Redaksi
17 Agustus 2020
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat menggelar upacara kemerdekaan di halaman Kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar, Senin (17/8/2020)

AKCAYA.ID
, Kubu Raya - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat menggelar upacara kemerdekaan di halaman Kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar, Senin (17/8/2020). Upacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan diikuti oleh ratusan peserta.

Sejumlah veteran dan purnawirawan turut mengikuti upacara tersebut. Mereka hadir karena diundang secara khusus oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar Lasarus. Selepas upacara, para veteran dan purnawirawan ini lalu diajak mengikuti ramah-tamah bersama ratusan peserta lainnya.

Dalam sambutannya saat ramah-tamah, Lasarus menyampaikan kebanggaannya karena upacara kemerdekaan yang baru kali pertama diadakan oleh pengurus DPD PDI Perjuangan Kalbar ini bisa dihadiri oleh para veteran dan purnawirawan. Ia bahkan merasa begitu terhormat karena bisa bertemu langsung dengan saksi sejarah kemerdekaan, terlebih di momen yang begitu sakral seperti peringatan HUT kemerdekaan.

"Saya dan segenap pengurus beserta seluruh kader PDI Perjuangan se-Kalimantan Barat merasa begitu terhormat karena orang-orang tua saya berkenan hadir memenuhi undangan ini. Terima kasih bapak-bapak. Jujur, saya sangat bangga dengan bapak-bapak sekalian," ujar Lasarus dengan nada haru.

Ketua Komisi V DPR RI ini menambahkan bahwa para veteran dan purnawirawan telah banyak berjasa bagi bangsa Indonesia. Tidak hanya dalam merebut kemerdekaan, tetapi juga mempertahankannya dari pihak lain yang belum mengakui kemerdekaan Indonesia. Karena besarnya jasa mereka dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, Lasarus pun mengajak seluruh anak bangsa untuk menghormati dan memuliakan para veteran.

"Kondisi negara kita saat awal-awal kemerdekaan sama sekali belum stabil karena Sekutu dan Jepang belum mau mengakui kemerdekaan Indonesia. Nah, mereka-mereka inilah yang berdarah-darah mempertahankan kemerdekaan negara kita dari serbuan negara lain. Sebagai anak bangsa yang hari ini bisa menikmati kemerdekaan dengan leluasa, tentu menjadi keharusan bagi kita untuk menghormati mereka yang telah mengorbankan sebagian hidupnya untuk mempertahankan NKRI," ucapnya.

Di tengah-tengah memberikan sambutan, Anggota DPR RI dapil Kalbar II ini lalu mencontohkan bagaimana memuliakan para veteran dan purnawirawan. Lasarus mengundang mereka naik ke atas panggung lalu memberikan potongan tumpeng. Tidak cukup sampai di situ, para veteran dan purnawirawan yang hadir pada kesempatan itu juga Ia hadiahi bingkisan dan akan diantarkan langsung ke kediaman mereka masing-masing.(Njb)