Maria Lestari Bakal Upayakan Bantuan Mesin untuk Pabrik Pakan Ikan Mini di Jeruju Besar

Maria Lestari Bakal Upayakan Bantuan Mesin untuk Pabrik Pakan Ikan Mini di Jeruju Besar

Redaksi
11 Agustus 2020
Maria Lestari Bakal Upayakan Bantuan Mesin untuk Pabrik Pakan Ikan Mini di Jeruju Besar/ISTIMEWA

AKCAYA.ID, Kubu Raya - Anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari menyatakan kesanggupannya untuk mengupayakan bantuan mesin tambahan bagi pabrik ikan mini yang berlokasi di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Bantuan tambahan mesin itu akan Ia upayakan melalui program Kementerian Kelautan dan Perikanan, mitra kerja Komisi IV DPR RI.

Pernyataan itu disampaikan Maria usai meninjau pabrik pakan ikan mini yang dikelola secara swadaya oleh Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Karya Baru tersebut. Menurut Maria, pabrik mini tersebut sangat layak diberikan peralatan tambahan karena mesin produksi pakan yang digunakan saat ini memang belum memenuhi standar pabrikan.

"Saya melihat pabrik pakan Pokdakan Karya Baru sangat memerlukan peralatan tambahan. Nah, mudah-mudahan tahun depan bantuan yang diperlukan bisa saya masukkan ke dalam program mitra kerja Komisi IV," ujar Maria kepada awak media, Senin (10/8/2020).

Maria berpendapat, dengan adanya tambahan peralatan, maka kualitas produksi pakan ikan di pabrik ini akan semakin meningkat. Bantuan mesin tambahan juga diyakininya dapat meningkatkan kapasitas produksi pakan. Dari yang tadinya hanya sanggup memenuhi kebutuhan anggota kelompok, menjadi memenuhi kebutuhan pembudi daya ikan di seluruh desa, bahkan se-Kabupaten Kubu Raya.

"Sebagai anggota DPR yang membidangi urusan perikanan, memang sudah menjadi tugas saya membantu para pembudi daya ikan. Bagaimana mereka bisa mengakses pakan yang terjangkau, vitamin ternak yang berkualitas dan bibit yang unggul," tutur Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Ketua Pokdakan Karya Baru Agus Nukman Hidayat mengaku sangat gembira dengan pernyataan yang disampaikan Maria Lestari. Ia mengungkapkan bahwa pernyataan dari legislator dapil Kalbar I itu merupakan pelecut motivasi bagi seluruh anggota kelompok budi dayanya untuk terus mengembangkan pabrik pakan ikan mini.

"Dengan datangnya beliau-beliau ini dan dengan terlibatnya Bumdes Jeruju Besar, insyaallah perjuangan kami akan sampai pada tahap yang kita inginkan, yaitu membuat pabrik di Kubu Raya. Sekarang memang masih dalam kondisi terbatas dan mesin yang kami gunakan pun bukan standar pabrikan. Pelan-pelan kami sedang menuju ke arah situ karena kami punya keyakinan bahwa usaha kami akan sampai," ucap Agus.

Pabrik pakan ikan mini yang dikelola Pokdakan Karya Baru mulai beroperasi sejak tahun 2019. Dalam sehari, pabrik ini sanggup memproduksi pakan ikan sebanyak 200-250 kilogram.(Njb)