Sujiwo Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah jadi Tempat Bercocok Tanam

Sujiwo Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah jadi Tempat Bercocok Tanam

Redaksi
29 Agustus 2020
Sujiwo Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah jadi Tempat Bercocok Tanam/ISTIMEWA


AKCAYA.ID, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak warga Kubu Raya untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis tanaman dan sayuran. Ajakan itu disampaikan Sujiwo saat menyerahkan 50 bibit tanaman sayur kepada Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (29/8/2020).

"Kebetulan saya punya program Sorga, ya. Sorga itu sayuran organik keluarga. Program ini bentuknya memberikan stimulan berupa benih gratis, baik itu terong, cabe, tomat, lalapan dan lain-lain. Melalui gerakan ini, sekaligus kami ingin mengajak warga untuk mulai membangun ketahanan pangan," kata Sujiwo di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya, Jalan K.H. Abdurrahman Wahid Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya.

Menurut Sujiwo, selain membangun ketahanan pangan, menanam aneka jenis tanaman di pekarangan rumah juga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga. Tidak cuma itu, pemanfaatan pekarangan rumah sebagai tempat bercocok tanam juga disebut Sujiwo bisa menambah keasrian lingkungan dan membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih segar.

"Dengan menanam sayur, paling tidak kita sudah mengurangi beban ekonomi keluarga. Dengan masing-masing 20 tanaman saja, cabe, sayur dan lain-lain itu sudah pasti tidak perlu beli lagi. Kemudian, yang namanya tanaman, sekecil apapun dia pasti mengeluarkan oksigen. Sehingga, dengan menanamnya, maka akan membuat udara di sekitaran rumah menjadi lebih segar," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Sujiwo juga menyatakan kesanggupannya untuk memberikan bibit tanaman gratis kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai tempat bercocok tanam. Bibit tanaman itu dikatakan Sujiwo bisa diambil di Balai Benih PDI Perjuangan Kalbar yang berlokasi di Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, tepatnya di samping SMA Taruna Bumi Khatulistiwa.

"Kalau ada yang mau nanam, kita sediakan bibitnya gratis. Silakan diambil di Balai Benih PDI Perjuangan Kalbar. Cuma dengan catatan, bibit yang kita kasi betul-betul dirawat," pungkasnya.(Njb)