Anggota DRP RI, Maria Lestari Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian di Landak

Anggota DRP RI, Maria Lestari Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian di Landak

Redaksi
22 Oktober 2020
Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan Maria Lestari menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani (poktan) di Kabupaten Landak. Bantuan alsintan itu diserahkan Maria saat reses yang dilangsungkan di Pendopo Rumah Jabatan Wakil Bupati Landak

AKCAYA.ID, Landak - Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan Maria Lestari menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani (poktan) di Kabupaten Landak. Bantuan alsintan itu diserahkan Maria saat reses yang dilangsungkan di Pendopo Rumah Jabatan Wakil Bupati Landak, Kecamatan Ngabang, Rabu (21/10/2020). 

Dijumpai usai menyerahkan alsintan, kepada awak media, anggota Komisi IV DPR RI itu mengungkapkan bahwa bantuan tersebut merupakan hasil kerja sama antara dirinya dengan Kementerian Pertanian selaku mitra kerja Komisi IV DPR. Ia berharap, alsintan yang diserahkannya itu bisa dimaksimalkan oleh kelompok tani dan secara signifikan dapat mendongkrak hasil pertanian. 

"Hasil pertanian Landak ini sudah mendukung dan diketahui bahwa dari Provinsi Kalimantan Barat, Landak adalah peringkat keempat. Harapannya, semoga para petani mampu mengembangkan hasil pertaniannya dan lebih meningkat lagi," katanya.

Penyaluran bantuan alsintan, ujar Maria, merupakan bentuk perhatian darinya terhadap mekanisasi pertanian. Ia menerangkan, mekanisasi merupakan salah satu upaya meningkatkan pendapatan para petani karena bisa menekan biaya produksi yang mereka keluarkan. Di samping meringankan biaya produksi, mekanisasi juga secara signifikan dapat mengefisienkan waktu dan tenaga bagi para petani.

"Dari yang tadinya mengandalkan tenaga manusia kini semakin dimudahkan dengan bantuan mesin. Mudah-mudahan dari yang sebelumnya cuma bisa sekali panen, dengan mekanisasi, bisa dua kali panen dalam setahun," paparnya.

Penyerahan alsintan yang dilakukan Maria Lestari turut dirangkaikan dengan penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada sejumlah pelajar di Kabupaten Landak. Kepada para siswa yang menerima bantuan tersebut, Maria berharap agar mereka semakin giat belajar walaupun dalam masa pandemi Covid-19.(*)