Sampaikan Dukacita, Lasarus: Herman Asaribab Salah Satu Aktor Keberhasilan Pemilu di Kalbar

Sampaikan Dukacita, Lasarus: Herman Asaribab Salah Satu Aktor Keberhasilan Pemilu di Kalbar

Redaksi
14 Desember 2020
Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus

AKCAYA.ID, Pontianak - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyampaikan ungkapan dukacita atas wafatnya Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Herman Asaribab. Putra asli Papua itu wafat pada Senin (14/12) siang, sepekan setelah mendapat kenaikan pangkat satu tingkat dari bintang dua ke bintang tiga.

"Saya ikut berbelasungkawa atas meninggalnya almarhum Letjen TNI Herman Asaribab, putra Papua yang dipercaya oleh negara mendampingi Jenderal Andika Perkasa sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat," kata Lasarus dalam keterangan resmi yang dibagikannya kepada awak media, Senin (14/12/2020). 

Sebagai seorang politikus, Lasarus yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar ini mengenang sosok Herman Asaribab sebagai salah satu aktor di balik kelancaran penyelenggaraan Pemilu serentak di wilayah Kalbar pada tahun 2019 lalu. Herman dianggapnya sebagai salah satu aktor karena keberhasilannya memimpin prajurit TNI dari Kodam XII Tanjungpura saat membantu personel Polri dalam mengamankan Pemilu 2019. Berkat tangan dingin putra asli Papua itu pulalah, konflik horizontal di wilayah Kalbar pasca Pemilu berhasil diredam.

"Masyarakat Kalimantan Barat saya kira berutang budi kepada Letjen Herman Asaribab. Tanpa tangan dingin beliau saat memimpin Kodam XII Tanjungpura ketika Pemilu 2019 lalu, mungkin kita semua tidak akan merasakan ketenangan seperti sekarang. Memang bukan sepenuhnya peran beliau dalam mengamankan Pemilu di Kalbar, tetapi harus diakui kalau beliaulah salah satu aktor penting di balik kelancaran pelaksanaan Pemilu," ujarnya.

Lasarus pun mendoakan agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi-Nya serta diampuni segala kesalahannya. Legislator dari dapil Kalbar II itu juga mendoakan agar keluarga almarhum senantiasa diberi kesabaran. 

"Mari kita doakan agar almarhum diampuni segala dosanya dan diberi tempat yang paling layak di sisi-Nya. Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga senantiasa diberi kesabaran," harapnya.

Letjen Herman Asaribab wafat di RSPAD Gatot Soebroto karena sakit. Almarhum berpulang di usianya yang ke-56 dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kesuma Trikora Waena, Jayapura, Papua.(Njb)