Repdem Kalbar Gelar Pengkaderan Pemula Angkatan Pertama

Repdem Kalbar Gelar Pengkaderan Pemula Angkatan Pertama

Redaksi
24 April 2021


AKCAYA.ID
, KUBU RAYA - Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kalimantan Barat menggelar pengkaderan pemula angkatan pertama. Digelar di Qubu Resort Kubu Raya, pengkaderan diikuti puluhan anak muda yang sebagian besar berstatus sebagai mahasiswa.

Ketua DPD Repdem Kalbar Paulus Ade Sukma Yadi mengatakan, proses pengkaderan ini bertujuan melahirkan kader-kader baru yang lebih siap untuk melanjutkan estafet organisasi. Pengkaderan juga ditujukan untuk membentuk kader agar memiliki solidaritas, semangat juang dan militansi dalam berkiprah di organisasi.

"Tujuan pengkaderan sejatinya adalah menciptakan kader-kader baru. Tanpa kader, maka sulit suatu organisasi itu akan berkembang," kata di Qubu Resort Kubu Raya, Sabtu (24/4/2021).

Dari proses pengkaderan ini, Ade berharap akan lahir kader-kader Repdem yang mampu menjadi yang paling depan dalam menjaga ideologi Pancasila. Di samping itu, Ia juga menginginkan agar calon kader Repdem yang telah mengikuti kaderisasi kali ini dapat membumikan ajaran Bung Karno serta menjadi mata dan telinga organisasi.

"Kita berharap kader-kader Repdem dapat menjadi mata dan telinga Repdem di masyarakat. Artinya, merekalah pendengar dan penyambung aspirasi masyarakat untuk kemudian aspirasi itu kita sampaikan kepada teman-teman fraksi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi dan kabupaten/kota di Kalbar," tuturnya.

"Jauh lebih penting dari itu, kami sebetulnya berkeinginan supaya kader bisa terus menjaga soliditas dan militansi dalam menjaga ideologi Pancasila. Serta membantu PDI Perjuangan sebagai induk organisasi dalam membumikan ajaran Bung Karno guna melawan paham-paham radikalisme di Indonesia," tukasnya.

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Repdem Ahmad Sadzali mengapresiasi pelaksanaan pengkaderan ini. Terlebih, kata dia, Kalbar menjadi DPD pertama yang melaksanakan pengkaderan di era kepengurusan DPN Repdem yang baru. 

"Atas nama Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Repdem, kegiatan-kegiatan seperti ini betul-betul sangat kita nantikan dan kita harapkan bisa digalakkan di semua DPD Repdem di Indonesia. Kami sangat mengapresiasi karena di kepengurusan DPN yang baru, DPD Kalbar yang mengawali gerak dan giat langkah ini. Mudah-mudahan bisa terus dijaga dan dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga Repdem terus bisa mempersembahkan kader-kader terbaik kepada partai," tandasnya.

Pengkaderan pemula Repdem dibuka secara resmi oleh Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Sujiwo. Agenda tersebut turut dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Maria Lestari dan Anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalbar Irom. ** Njb