Hari Lahir Pancasila, Lasarus: Dengan Mengamalkan Pancasila Berarti Mewarisi Semangat Luhur Bung Karno

Hari Lahir Pancasila, Lasarus: Dengan Mengamalkan Pancasila Berarti Mewarisi Semangat Luhur Bung Karno

Redaksi
01 Juni 2021


AKCAYA.ID, Pontianak - Bertepatan dengan momentum hari lahir Pancasila 1 Juni 2021, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Lasarus mengingatkan pentingnya mewarisi semangat perjuangan Ir. Soekarno atau yang akrab dengan panggilan Bung Karno.

"Bila kita ingin melihat semangat perjuangan para pendiri bangsa khususnya Bung Karno, lihatlah nilai-nilai yang terkandung di sila-sila yang ada dalam Pancasila," sebut Lasarus di Pontianak, 1 Juni 2021.

Menurut Lasarus, Pancasila yang menjadi dasar dan ideologi negara merupakan cita-cita luhur dengan semangat kebangsaan yang diciptakan oleh Ir. Soekarno dan pendiri bangsa lainnya.

"Dengan mengamalkan dan mengajarkan Pancasila berarti kita telah mewarisi semangat dan cita-cita luhur Bung Karno dan para pendiri bangsa lainnya," ujar Lasarus.

Legislator PDI Perjuangan itu juga mengingatkan bahwa Pancasila dalam perjalanannya selalu menghadapi tantangan dan ancaman maha dahsyat. Namun ditengah tantangan dan ancaman itu Pancasila tetap eksis bahkan sangat relevan dengan perkembangan zaman.

"Dan tugas kita sebagai generasi bangsa yaitu terus membumikan, mengajarkan dan mengamalkan ajaran Pancasila sebagai warisan luhur dan cita-cita bangsa. Sehingga dengan begitu generasi ini tidak buta sejarah dan bisa menghormati perjuangan para pahlawan bangsa," tandasnya.