Politik Hijau: PDI Perjuangan Kalbar Tanam Pohon di Median Jalan Arteri Supadio

Politik Hijau: PDI Perjuangan Kalbar Tanam Pohon di Median Jalan Arteri Supadio

Redaksi
13 Juni 2021

AKCAYA.ID, Kubu Raya - Keluarga besar PDI Perjuangan Kalimantan Barat kembali melakukan gerakan penghijauan. Sabtu (12/6/2021) pagi, bersama komunitas pencinta alam dan masyarakat umum, para kader banteng (sebutan bagi kader PDI Perjuangan) menghijaukan median Jalan Arteri Supadio Kubu Raya. 

Gerakan penanaman ini dipimpin oleh Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar Sujiwo.  Ditemui wartawan seusai menanam bibit pohon ketapang kencana dan kuncup merah, Wakil Bupati Kubu Raya itu menjelaskan bahwa gerakan tersebut masih dalam rangkaian peringatan Bulan Bung Karno. 

"Penghijauan ini bagian dari program utama kami dalam memeriahkan Bulan Bung Karno. Sepanjang bulan Juni, penanaman pohon seperti ini masih akan terus kami lakukan di banyak tempat," katanya di median Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (12/6/2021). 

Selain untuk merayakan Bulan Bung Karno, kata Sujiwo, penanaman pohon ini juga dalam rangka mendukung gerakan politik hijau yang selalu digaungkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

Menurutnya, politik hijau atau politik yang berorientasi pada pelestarian lingkungan sudah seharusnya dilaksanakan demi mencegah bertambah parahnya kerusakan lingkungan. 

"Ibu Ketum selalu mengingatkan kami semua tentang politik hijau. Saya pribadi sangat setuju dengan apa yang berulang kali disampaikan Ibu Mega karena berpolitik dengan memperhatikan kelestarian lingkungan harus dimulai sejak dini supaya kerusakan lingkungan kita tidak bertambah parah," tukasnya. 

Penanamam pohon dalam rangka Bulan Bung Karno itu tampak diikuti Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalbar antara lain Meiske Anggrainy, Irom, Musa dan Ramli Rama. Hadir pula Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Pontianak, yakni Nella Lenny dan Emiliana TB, serta para pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kubu Raya.