Prokes Ketat Saat Rakerda PDI-P Kalbar: Pengaturan Tempat Duduk Hingga Kewajiban Menunjukkan Surat Bebas Covid-19

Prokes Ketat Saat Rakerda PDI-P Kalbar: Pengaturan Tempat Duduk Hingga Kewajiban Menunjukkan Surat Bebas Covid-19

Redaksi
26 Juni 2021


AKCAYA.ID, Kubu Raya  - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Kalimantan Barat baru saja usai digelar. Dipusatkan di The Q Hall Qubu Resort Kubu Raya, agenda tahunan yang berlangsung di masa PPKM Mikro ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

"Kegiatan hari ini kami memang menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena memang inilah kewajiban yang harus kami jalankan.”

“Sesuai dengan petunjuk pemerintah, di mana kondisi per hari ini, termasuk Kalbar ada kecenderungan angka positifnya naik. Oleh karenanya, kegiatan hari ini kami adakan dengan protokol kesehatan yang ketat," ucap Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar Lasarus saat memberi sambutan dalam Rakerda DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, di The Q Hall Qubu Resort Kubu Raya, Sabtu (26/6/2021).

Lasarus menuturkan, selain pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan seluruh peserta untuk tidak membuka masker selama acara, protokol kesehatan juga diterapkan dengan penyediaan penyanitasi tangan (hand sanitizer) di setiap meja peserta.

Tidak hanya itu, penerapan prokes juga diterapkan dengan mengatur jarak tempat duduk peserta dan mempersingkat durasi pelaksanaan rapat.

"Tempat duduk kami atur sedemikian rupa supaya berjarak. Lalu, semua yang masuk ruangan kami wajibkan untuk dicek suhu tubuhnha dan di setiap meja peserta kami siapkan hand sanitizer. “

“Durasi waktu Rakerda juga terpaksa kami pangkas supaya kami tidak berkumpul dalam waktu yang lama di ruangan ini," tuturnya.

Ketua Komisi V DPR RI itu memastikan bahwa lokasi pelaksanaan Rakerda sudah steril dari virus Covid-19 sehingga tidak mungkin menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Ia berani memastikan hal itu lantaran seluruh panitia, peserta dan seluruh petugas yang terlibat dalam acara tersebut sudah dipastikan negatif korona, dibuktikan dengan surat bebas Covid-19.

"Peserta yang hadir kami wajibkan PCR. Tadi ada beberapa teman yang terpaksa tidak bisa hadir karena hasil PCR-nya positif.”

“ Mereka yang belum menunjukkan hasil PCR-nya karena hasilnya belum keluar, oleh panitia yang dalam hal ini dikomandani oleh dr. Karolin dan Pak Sujiwo, dibantu Diskes Kubu Raya diadakan tes antigen di depan sebelum masuk ruangan. Kami pastikan semua yang hadir dalam kondisi yang sehat. Yang tidak sehat kami minta pulang," tukasnya.