Bantu Pelaku UMKM Hadapi Pandemi, Lasarus Sumbangkan Gerobak Gratis

Bantu Pelaku UMKM Hadapi Pandemi, Lasarus Sumbangkan Gerobak Gratis

Redaksi
31 Agustus 2021

AKCAYA.ID, Kubu Raya - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat menunjukkan komitmennya terhadap kelangsungan usaha pedagang UMKM di tengah pandemi Covid-19. Komitmen terhadap pedagang UMKM tersebut diwujudkan partai berlambang banteng moncong putih itu dengan menyalurkan bantuan gerobak. 

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar Lasarus mengatakan bahwa penyaluran bantuan gerobak ini merupakan insiatif partainya dalam meringankan beban pedagang UMKM. Melalui bantuan gerobak ini, Lasarus berharap para pedagang semakin termotivasi untuk berjualan sehingga dapat bertahan dalam situasi pandemi Covid-19. 

"UMKM kita ketahui bersama merupakan penopang ekonomi tanah air. Melihat sumbangannya yang teramat besar bagi ekonomi negara, kami (DPD PDI Perjuangan Kalbar) terbetik untuk membantu perjuangan pelaku UMKM agar semakin tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19," ujar Lasarus saat menyerahkan secara simbolis bantuan gerobak kepada pedagang tebu di halaman Kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (29/8/2021). 

Lasarus turut memberikan semangat kepada pelaku UMKM agar tetap eksis berjualan meski omzet yang dihasilkan masih jauh dari harapan. Ia menuturkan, perekonomian yang sulit akibat pandemi Covid-19 tidak hanya dialami para pelaku UMKM, tetapi juga dialami oleh semua pengusaha berskala menengah dan besar. 

Ketua Komisi V DPR RI itu meminta pelaku UMKM untuk tetap bersyukur meski pendapatan yang diperoleh masih minim. Sebab kata dia, hal itu masih lebih baik daripada usaha yang dijalankan tutup atau bangkrut. 

"Semuanya terkena imbas dari pandemi Covid-19. Bukan cuma pelaku UMKM, sebagian pedagang besar dan para pemilik perusahaan pun ikut mengalami penurunan pendapatan. Situasi seperti sekarang jangan sampai menurunkan semangat pelaku UMKM. Tetap bersyukur walau penghasilan menipis karena itu lebih baik dibandingkan usaha gulung tikar," tuturnya. 

Untuk diketahui, DPD PDI Perjuangan Kalbar bakal menyalurkan bantuan gerobak sebanyak 39 buah. Bantuan tersebut akan disalurkan ke para pedagang yang dianggap layak menerimanya. Penyaluran ke pedagang UMKM yang berjualan di sekitaran Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya itu akan dilakukan secara bertahap.