Kejati Kalbar Gelar Touring Adhyaksa dan Bakti Sosial

Kejati Kalbar Gelar Touring Adhyaksa dan Bakti Sosial

Redaksi
30 Juli 2022

AKCAYA.ID, Kubu Raya - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat punya cara tersendiri dalam mendekatkan diri dengan masyarakat. Salah satu cara yang mereka lakukan ialah menggelar Touring Adhyaksa. 

Kegiatan Touring Adhyaksa digelar Kejati Kalbar dengan melibatkan sejumlah pihak, antara lain Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Polda Kalbar, Kodam XII Tanjungpura, komunitas Sahabat Alam Community (SAC), Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD), dan Indonesia Off-Road Federation (IOF). Touring Adhyaksa turut diisi Kejati Kalbar dengan sejumlah agenda sosial antara lain pembagian paket sembako, penanaman pohon, pemberian bantuan ke rumah-rumah ibadah, dan pembacaan doa bersama peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah. 

Touring Adhyaksa digelar selama dua hari, dimulai dari tanggal 30 hingga 31 Juli 2022. Puluhan peserta yang ikut berpartisipasi pada kegiatan itu dilepas secara resmi oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji di halaman Kantor Kejati Kalbar, Sabtu (30/7/2022) pagi. Dalam perjalanannya, peserta touring bakal melewati beberapa desa di Kubu Raya, seperti Kuala Dua, Rasau Jaya Satu, Pinang Luar, Ambawang, Sungai Deras, Punggur Besar, Punggur Kecil, dan Sungai Raya Dalam. 

Gubernur Kalbar Sutarmidji saat dijumpai seusai melepas peserta touring menyebut agenda ini sebagai gagasan yang cemerlang. Sebab menurutnya, selain memperoleh manfaat olahraga, kegiatan tersebut juga mendatangkan manfaat secara sosial. Mengingat manfaatnya yang banyak, orang nomor satu di Kalbar ini pun berharap agar kegiatan ini dapat digelar juga oleh organisasi lainnya. 

"Saya menyambut baik dan ini ide yang cemerlang. Jajaran kejaksaan bersama dengan organisasi off road ini mendekatkan diri kepada masyarakat. Melihat apa yang dibutuhkan masyarakat karena ini ada bantuan sosial, seperti sembako, bantuan untuk rumah ibadah dan sebagainya. Mudah-mudahan kegiatan ini terus bisa dikembangkan oleh organisasi-organisasi lainnya. Ini olahraganya dapat, pendekatan diri kepada masyarakatnya dapat, memberi bantuan sosialnya dapat," ucap Sutarmidji. 

Kajati Kalbar Dr. Masyhudi mengatakan bahwa selain untuk mendekatkan diri ke masyarakat, kegiatan touring yang diikuti Wakapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Aster Kodam XII Tanjungpura, Wakil Bupati Kubu Raya, dan sejumlah pejabat lainnya ini menunjukkan kekompakan para pimpinan daerah di Kalimantan Barat. Kekompakan ini diharapkannya dapat terus terjalin agar tercipta situasi yang kondusif. Terciptanya situasi kondusif, lanjut Masyhudi, akan memberi ruang yang lebih luas bagi para investor untuk menanamkan investasinya di Kalimantan Barat. 

"Ini oke banget ya kita mengadakan turing dan baksos. Kita menunjukkan bahwa kita dekat dengan masyarakat. Bahwa pimpinan Kalimantan Barat ini menyatu dengan masyarakat. Tentu masyarakat merasa kita ada dan kita bersama-sama dengan mereka. Kekompakan kita ini menunjukkan bahwa Kalbar kondusif sehingga menarik minat investor," ungkapnya. 

Ribuan paket sembako dibagikan Kejaksaan Tinggi Kalbar pada agenda touring dan bakti sosial kali ini. Mengangkat tema "Mengabdi Untuk Negeri", agenda turut diisi dengan penanaman pohon dan pemberian bantuan ke rumah-rumah ibadah.