Dampak buruk terhadap anak yang di Takut-takuti

Dampak buruk terhadap anak yang di Takut-takuti

01 Agustus 2022
Sumber Foto:  Canva


AKCAYA.ID, Tips - Sadar atau tidak, terkadang sebagai orang tua Ayah dan Bunda seringkali menakuti anak-anak. Contohnya, saat Si Kecil tidak mau makan, Bunda berkata "kalau tidak mau makan nanti di suntik dokter". Memang benar, bahwa cara ini Bunda lakukan agar Si Kecil menjadi pribadi yang patuh dan disiplin. Akan tetapi, tahukah Bunda ternyata cara ini jutsru dapat berdampak buruk untuk perkembangan psikologis Si Kecil? 

Mengutip dari Kids Health, ada beberapa dampak buruk yang akan dialami seorang anak yang sering ditakut-takuti. Alaih-alih membuat anak menurut dan disiplin cara ini justru dapat membuat Si Kecil menjadi seorang penakut, kurang percaya diri, mimpi buruk, fobia, munculnya gangguan kesehatan, sampai mengurangi tingkat kreativitasnya.

Gimana Bunda? Sudah mengetahui cara mendidik anak usia dini yang baik? Daripada menakut-nakuti, alangkah lebih baiknya jika Bunda memberikan pengertian dan alasan yang lebih rasional kepada Si Kecil. Ingat ya Ayah dan Bunda bahwa perkembangan anak sangatlah dipengaruhi oleh pola asuh dan cara mendidik dari orang tua dan lingkungan sekitar. Meski demikian, Ayah Bunda bisa melakukan cara-cara lain yang menurut Bunda cocok dan baik untuk diajarkan ya