Dua mainan untuk anak cukup? Ini alasannya!

Dua mainan untuk anak cukup? Ini alasannya!

03 Agustus 2022
Sumber Foto : Suara.com



Akcaya.id, Tips - Hai Bunda, memberikan mainan untuk anak merupakan suatu keharusan yang memang dibutuhkan ya bun. Dengan mainan anak akan merasa senang, aktif dan kreatif.

Akan tetapi tidak semua mainan baik loh bun untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jumlah mainannya pun harus dibatasi. 

Dikutip dari ibu sarra risman @sarrarisman anak dari ibu elly risman (psikolog anak)

Dalam memberikan mainan kepada anak 
Jumlah mainan anak = usia + 1. 
Misalnya anak usia 1 tahun maka jumlah mainan yang dimiliki adalah 2. boleh ditambah sedikit saja.
Dengan mainan yang sedikit itu anak akan semakin kreatif. Berikan mainan tersebut sampai anak merasa bosan, tunggu hingga 2-3 hari maka ganti dengan mainan yang lama. 
Mainan hanya dikeluarkan 20% saja dari 100%. Artinya 80% mainan disimpan di tempat yang tidak dapat dilihat dan dijangkau oleh anak.
Sehingga ketika Bunda mengeluarkan mainan yang lama, anak akan merasa antusias sekali seperti memiliki mainan baru. 

Tips tersebut ternyata cukup ampuh loh bun, banyak ibu-ibu yang mengikuti cara ini dan berhasil. Anak sangat antusias ketika diberikan mainan lama, mainan lama serasa mainan baru kata bunda @gristia dalam wawancaranya pada tanggal 02-Agustus-2022 lalu.

Bunda tidak perlu membeli mainan baru lagi dan menumpuk mainan. Selain itu juga bunda tidak terlalu capek untuk mengemas mainan anak karena yang dimainkan anak setiap harinya hanya 2 mainan saja.

Tips yang kedua yaitu memberikan mainan yang pasif.
Dikutip dari dr. Pinan 
Berikan anak mainan yang pasif dan  hindari mainan elektronik seperti remote control, karena anak akan menjadi pasif dan hanya menjadi penonton saja. Tidak mau bergerak sehingga mengakibatkan anak tidak kreatif.

Sedangkan jika anak diberikan mainan yang pasif seperti puzzle, mobil - mobilan tanpa baterai, maka anaklah yang akan bergerak. Anak menjadi aktif dan kreatif sehingga membantu pertumbuhan anak.

Selamat mencoba ya Bunda semoga membantu, sehat selalu untuk buah hati kita.