Tutup Lomba Mancing Udang Galah, Sujiwo Ingatkan Pentingnya Pelestarian Alam

Tutup Lomba Mancing Udang Galah, Sujiwo Ingatkan Pentingnya Pelestarian Alam

Redaksi
08 Agustus 2022

AKCAYA.ID, Kubu Raya - Wakil Bupati Kabupaten Kubu Raya, Sujiwo menutup Lomba Mancing Udang Galah se-Kalbar di Desa Mega Timur, Kecamatan Sungai Ambawang, Minggu (7/8) siang kemaren. 

Lomba mancing udang galah tersebut digelar dalam rangka memperingati ulang tahun ke-2 komunitas memancing Fishing Club 69. Turut mendampingi Wabup Sujiwo, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kubu Raya, Yoga Irawan.

"Hadiahnya ada 2 sepeda motor, kulkas, televisi dan lainnya.  Dan Insya Allah di Bulan Januari tepatnya pada Ulang Tahun, kami Partai PDI Perjuangan akan menggelar lagi kejuaraan mancing udang galah. Dan saya akan memberikan hadiah sebuah sepeda motor dan 5 unit sepeda engkol," kata Sujiwo saat ditanya wartawan usai sesi penutupan. 

Sujiwo menjelaskan alasan kenapa perlunya digelar kegiatan mancing semacam ini."pertama sekaligus untuk mensosialisasikan ke masyarakat, supaya memahami dan menyadari bahwasanya pentingnya pelestarian alam, termasuk melestarikan habitat udang galah," jelasnya. 

Tak hanya itu, Sujiwo sebagai Wakil Bupati Kubu Raya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyetrum, menuba (Bahasa lokal) dan meracun di sungai. Sebab menurutnya, selain menimbulkan pencemaran lingkungan hal itu juga akan menggangu keberlangsungan habitat dan ekosistem yang hidup di sekitar sungai.

"Kalau disentrum dan diracun akan mematikan habitat, mulai dari ikan, udang, dan ekosistem lain yang hidup di sekitar sungai itu yang disebabkan pencemaran. Mengingat air sungai bukan hanya menjadi tempat berkembangnya habitat namun juga digunakan masyarakat untuk mandi, memasak. Kalau dituba dan diracun akan tercemar," tutupnya.